CONSYST | Control System Technology

Take Control Everywhere

USBasp downloader untuk windows 7

pada 16 Oktober 2011
Dalam hal perancangan suatu sistem kendali, terutama ketika menggunakan mikrokontroller sebagai media pengendalinya, dibutuhkan suatu interface dari PC ke unit mikro untuk downloadernya. Banyak media interface yang berkembang mulai dari paralel, serial maupun USB. Dikarenakan kondisi saat ini yang serba laptop, downloader melalui USB sangat recomended, mengingat baik port paralel maupun serial sudah mulai hilang dari aksesoris laptop.

USBAsp dikenal sebagai USB programmer untuk mikrokontroller Atmel AVR, yang dikenalkan oleh Thomas Fischl.Rangkaiannya menggunakan Atmega 8 atau Atmega 48 dan beberapa komponen pasif lainnya. Programmer ini hanya memerlukan driver berupa firmware yang didownload pada Atmega 8 / 48. Untuk rangkaian downloadernya bisa dilihat di http://www.fischl.de/usbasp/


Inti dari USBAsp downloader adalah mikrokontroller ATMega 8 dengan clock cristal 12MHz. Resistor R2 dan R6 digunakan untuk membatasi arus resistor yang melindungi port USB komputer. Resistor R7 membantu komputer untuk mengenali perangkat sebagai LS (Low Speed). Dioda D1 dan D2 untuk transfer data. SV1 header kompatibel dengan STK200/300 hanya pin 4 dan 6 digunakan untuk RXD TXD dan (dapat digunakan untuk tujuan lain, kemungkinan untuk komunikasi serial).

  • Jumper JP1 digunakan untuk supply target (not recomended)
  • Jumper JP2 digunakan untuk programming ATMega 8 via ISP adapter, saat mendownload ke mikro target harus dilepas jumpernya.
  • Jumper JP3 digunakan untuk slow SCK (< 1,5MHz), lebih baik tidak di jumper.

Untuk banyak kasus, USBAsp hanya bekerja di lingkungan Windows XP, sementara di Windows 7 sering mengalami kendala. Untuk itu saya mencoba menggunakan software eXtreme Burner – AVR v1.2 yang telah mendukung aplikasi di windows 7 baik itu 32 bit maupun 64 bit, sekaligus menginstal Win driver USBAsp secara otomatis.


Berikut beberapa langkah yang diperlukan untuk membuat USBAsp downloader for Windows 7

  1. Pastikan rangkaian dan komponen sesuai dengan gambar rangkaian USBAsp dari http://www.fischl.de/usbasp/
  2. Setelah itu coba hubungkan USBAsp downloader tersebut ke port USB Laptop (Atmega 8 jangan dipasang dulu). Pastikan konektor USB sudah benar VCC dan GND nya, bila salah maka laptop taruhannya :D, maka akan muncul USB Not Recognized dan led power akan nyala, ini berarti rangkaian sudah benar.
  3. Download firmware terbaru usbasp.2011-05-28.tar.gz (519 kB) ke dalam Atmega 8. (pilih file .hex sesuai mikro yang digunakan). Yang perlu diperhatikan saat mendownload firmware ke mikro adalah pastikan cristal pada mikro sebesar 12MHz, dikarenakan rangkaian USBAsp menggunakan cristal 12MHz (bila menggunakan CodeVision maka pada bagian program fuse bits BOOTSZ0=0, BOOTSZ1=0, CKOPT=0 di checklist)
  4. Jika sudah, pasang ATMega 8 ke rangkaian USBAsp tersebut lalu hubungkan ke port USB laptop, maka akan muncul Found New Hardware USBAsp dan minta instal drivernya. Pastikan jangan dulu instal drivernya.
  5. Instal aplikasi eXtreme Burner – AVR v1.2, dengan kondisi USBAsp downloader masih terhubung ke port USB laptop, maka otomatis akan menginstall Win driver USBAsp nya. Untuk mengecek apakah sudah terinstall atau belum, buka Device Manager pada computer.
  6. USBAsp downloader siap digunakan. Enjoy it πŸ˜€
  7. Sebagai tambahan, untuk proses mendownload aplikasi ke mikro target, pastikan pada tab settings > Programming Mode > pilih ISP dan pada tab Chip > pilih mikro sesuai target (maklum tidak ada chip signature otomatisnya)
  8. Untuk proses download programmnya, pilih tab File > Open Flash lalu tab Write > All. Perlu diperhatikan untuk proses download program hanya bisa untuk sekali colok ke port USB, untuk proses download program selanjutnya maka USBAsp downloader harus lepas lalu colok lagi, bila tidak maka pada saat write all akan terjadi error pada bagian power on nya.
  9. Selamat mencoba πŸ˜€
Iklan

3 responses to “USBasp downloader untuk windows 7

  1. fuad berkata:

    jika masukan firmnya pakai lpt gmana setting fuse bitnya??

  2. hamas berkata:

    maksudnya Jumper JP2 digunakan untuk programming ATMega 8 via ISP adapter, saat mendownload ke mikro target harus dilepas jumpernya. gimana mas ?

  3. downloader saya ada tulisan USB device not recognized, itu kenapa yah ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: